• November 4, 2022

review buku A Clockwork Orange – Anthony Burgess

A Clockwork Orange adalah sebuah buku yang pertama kali rilis di tahun 1962 oleh Anthony Burgess di Inggris dan menjadi salah satu buku terlaris sepanjang masa. Buku ini mungkin saja hilang ditengah peradaban karena adanya generasi baru yang terus bermunculan, tapi rasanya setelah rilisnya film A Clockwork Orange di tahun 1972 oleh Stanley Kubrick, kisah dari novel ini semakin membekas secara permanan di budaya pop.

Yang menarik, film ini tidak boleh tayang di Inggris setelah setahun rilis karena adanya kejahatan yang mengikutinya. Kami sebenarnya tidak begitu bisa memberikan review yang detail tentang A Clockwork Orange ini untuk beberapa alasan, karena ada jutaan review tentang novel ini dengan berbagai sudut pandang yang berbeda. Tapi setidaknya, kami akan menunjukkan ke kalian mengenai alur kisah dari novel ini yang dapat kamu nilai sendiri isinya.

Review A Clockwork Orange

Alex adalah pemimpin geng malam hari berusia lima belas tahun yang meneror jalanan dengan kekerasan, perampokan, dan pemerkosaan. Kekerasan semacam ini biasa terjadi dan pemuda bandel telah mengambil alih malam itu.

Setelah bertengkar dengan saudaranya, Alex mendapati dirinya dikhianati dan kemudian dipenjara karena pembunuhan. Setelah beberapa tahun penjara, dia dipilih untuk pengobatan eksperimental baru yang menjanjikan untuk menyembuhkannya dalam satu bulan.

Ini adalah upaya untuk melakukan sesuatu yang berbeda karena masalah populasi penjara. Perlakuan tersebut menyebabkan Alex menjadi sakit secara fisik ketika melihat atau merenungkan kekerasan atau pemerkosaan. Setelah Alex mencoba bunuh diri, kasusnya menjadi berita nasional dan dipolitisasi.

Jika membaca atau menonton film tersebut di usia yang cukup muda, mungkin akan mudah bagi mereka terpengaruh akan alur kisah dari novel ini. Lalu jika menyaksikan filmnya, sebagian besar film dinarasikan oleh karakter utama yang membuat kita sekan mendengar orang yang sedang bercerita.

Sebagian besar, film ini mengikuti buku. Ada beberapa perbedaan kecil dimana tokoh utama sangat muda dalam buku tetapi terlihat jauh lebih tua dalam film, tindakan kekerasan pertama telah dihilangkan dari film, dia dikenali oleh seseorang yang pernah dia sakiti oleh bahasa gaulnya di buku tetapi dengan nyanyiannya dalam film, salah satu dari dua polisi yang dia temui menjelang akhir berbeda, dan beberapa perbedaan kecil lainnya. Tidak ada perubahan besar yang menghilangkan makna atau perasaan keseluruhan.

A Clockwork Orange dipecah menjadi tiga bagian dari tujuh bab masing-masing. Namun, Amerika, dan hanya Amerika, bab terakhir dihilangkan dalam publikasi pertamanya. Itu juga dihilangkan dalam film. Bab terakhir ini menunjukkan Alex berubah dalam pikiran dan keinginan, berpikir untuk melepaskan nyawanya dari kejahatan.

Penerbit Amerika mengira orang Amerika tidak akan menyukai ini. Buku yang diperbarui memiliki bab terakhir dan lanjutan dari penulis berjudul A Clockwork Orange Resucked. Di depan ini, dia menyesalkan bahwa buku ini adalah karyanya yang paling terkenal, dia berharap itu tidak terjadi. Dia ingin sepenuhnya terlepas dari buku itu. Banyak seniman hebat membenci karya mereka yang paling terkenal.

Ada banyak poin daya tarik dengan buku dan film. Salah satunya adalah bahasa. Kami menyebutkan bahwa buku ini sulit dibaca, dan itu karena bahasa gaul yang terlibat. Kita semua akrab dengan bahasa gaul daerah kita sendiri, tetapi penulis melangkah maju untuk menciptakan bahasa gaul yang canggih di masa depan, sama sekali tidak diketahui oleh pembaca baru. Penulis mengambil beberapa kata umum, dan menggantinya dengan bahasa gaul yang baru.

Tetapi ada banyak kata yang diganti, dan kamu memerlukan kamus Clockwork Orange untuk melewati halaman pertama. Inilah sebabnya mengapa menonton film sebagai persiapan untuk membaca juga membantu, banyak kata menjadi jelas setelah mendengarkan konteksnya. Bahasa adalah salah satu cara penulis memisahkan pemuda bandel dan unsur kejahatan dari masyarakat lainnya. Ini adalah cara bagi kaum muda untuk membedakan diri mereka sendiri, dan mungkin menandakan kedengkian mereka.

Saran kami adalah menonton filmnya terlebih dahulu. Jika kamu tertarik, baca buku selanjutnya – dan keluarkan kamus Clockwork Orange kamu! Ini adalah bacaan luar biasa yang sempurna untuk klub buku – tidak akan ada kekurangan topik diskusi.